Orang Jepang lakukan ini, kamu gimana? Jepang adalah salah satu negara di kawasan Asia Timur yang memiliki perkembangan ekonomi paling baik saat ini. Selama 100 tahun terakhir, negara ini sukses menunjukkan tajinya untuk menguasai perekonomian dunia. Meski pada abad ke-19 Jepang masih terbilang negara terbelakang, namun berkat kerja keras negara ini mampu bangkit dan merubah keadaan tersebut. Keberhasilan negara yang terkenal dengan icon Doraemonnya ini tentu tak terlepas dari filosofi kerja yang dianut oleh masyarakatnya. Orang-orang di Jepang dikenal dengan etos displin dan selalu bekerja maksimal mungkin sehingga menghasilkan output memuaskan. Nah jika kamu juga tertarik mengetahui  tips sukses orang Jepang, yuk intip ulasannya di artikel Veryfund berikut ini:

1. Orang Jepang bekerja lebih keras daripada warga negara lainnya

tips sukses orang jepang
kerja keras via unhcr.org
Berdasarkan penelitian terlihat bahwa orang-orang Jepang bekerja lebih lama daripada orang lain. Para pekerja Jepang bekerja selama 2.450 jam/ tahun. Sementara itu di Amerika lama bekerja hanya sebesar 1.957 jam/ tahun dan di UK sekitar 1.911 jam/ tahun. Di German sendiri umumnya karyawan menghabiskan waktu selama 1.870 jam/tahun dan Perancis 1.680/tahun. Data di atas memperlihatkan bagaimana Jepang selalu berusaha memberikan dedikasi dirinya baik dari segi kuantitas dan kualitas. Filosofi ini tentu dapat kita terapkan dalam diri masing-masing jika ingin sukses. Baca Juga: 7 Cara Jadi Kaya Ala Orang Tionghoa yang Belum Pernah Diulas Sebelumnya

2. Malu saat melakukan kesalahan dan tidak bisa bekerja sebaik mungkin

KA Satuan Pengawas Intern
malu saat gagal via japantimes.co.jp
Tips sukses orang Jepang yang juga bisa ditiru adalah malu saat gagal berprestasi. Zaman dulu, para tentara dari negara tersebut akan bunuh diri bila gagal memenangkan peperangan. Bunuh diri seperti ini disebut tradisi harakiri yakni menusukkan pedang panjang ke perut. Hingga kini tradisi malu dan menghukum diri sendiri saat tak berprestasi pun tetap dilakukan. Para pejabat pemerintahan misalnya memilih untuk mengundurkan diri jika terbukti melakukan korupsi. Bila kamu juga ingin sesukses orang Jepang mungkin filosofi merasa malu dan tak bisa berprestasi juga dapat diadposi.

3. Hidup hemat dan anti konsumerisme

tips sukses orang jepang
hemat via unocha.org
Walau dikenal sebagai negara penghasil kendaraan bermotor dan gadget canggih tapi pada faktanya orang Jepang selalu hidup sederhana. Mereka lebih memilih memanfaatkan kendaraan umum dan menggunakan gadget yang masih ada daripada membeli yang baru. Selain karena memang biaya hidup yang tinggi, gaya hidup hemat ini dilakukan karena orang Jepang lebih fokus menabung daripada bersenang-senang. Mereka akan memanfaatkan uang yang ada untuk berbagai kebutuhan yang dirasa berharga. Misalnya saja untuk sekolah, membeli buku, atau investasi. Orang-orang di negara tersebut cukup jeli mempergunakan uangnya. Pertanyaannya kini, sudahkah kamu cerdas dalam mengelola dana yang tersedia seperti orang Jepang?

4. Selalu melakukan inovasi dan melakukan perbaikan

tips sukses orang jepang
inovasi via nytimes.com
Berinovasi dan tetap menyadari bahwa tidak ada hal sempurna dalam pekerjaan adalah tips sukses orang Jepang yang harus kita pahami. Di negara ini terus mengembangkan sebuah produk hingga sesuai dengan keinginan pasar adalah suatu yang terus dilakukan. Selain itu meski telah berhasil menunjukkan eksistensinya dalam penjualan produk ke berbagai belahan dunia, tak menjadikan Jepang menjadi negara jumawa. Ia selalu melakukan perbaikan hingga hasilnya sukses menjual produk dengan jumlah yang mengaggumkan.

5. Pantang menyerah walau kesulitan menghadang

tips sukses orang jepang
pantang menyerah via nydailynews.com
Mungkin sebagian dari kamu sudah pernah mendengar bagaimana hancurnya Jepang saat peristiwa pengeboman di Hiroshima dan Nagasaki terjadi. Saat itu bisa dibilang seluruh kegiatan ekonomi dan politik di negara tersebut berhenti. Kerusakan infrasktruktur pun terjadi cukup parah membuat banyak kegiatan terhenti. Tapi di tengah musibah tersebut orang Jepang tak lantas menyerah. Dengan etos kerja keras dan semangat tinggi, mereka bersama-sama membangun negara tercintanya. Hasilnya, sekarang Jepang justru berhasil memimpin perekonomian dunia. Baca Juga: Perbedaan Cara Hidup Orang Kaya dan Golongan Menengah Pada Umumnya

6. Sejak masih kecil anak-anak di Jepang dididik untuk mandiri

tips sukses orang jepang
mandiri via todayonline.com
Resep sukses lainnya yang juga dimiliki oleh orang Jepang adalah kemandirian. Ya, sejak masih duduk di taman kanak-kanak mereka sudah dilatih untuk bertanggung jawab. Tidak main-main loh. Anak kecil di sana dilatih untuk membawa 3 tas besar dengan isi makanan, baju ganti, dan buku. Selepas SMA, mereka juga tidak lagi meminta uang dari orangtua dan membiayai kuliahnya sendiri.   Dari 6 tips sukses orang Jepang yang telah Veryfund sebutkan di atas, terlihat bahwa keberhasilan tidaklah didapat dengan mudah. Perlu adanya semangat kerja keras dan tidak mudah menyerah di dalamnya. Kalau menurut kamu sendiri, apa lagi sih yang membuat Jepang sukses?
sumber : http://veryfund.co/