Beranda ·

Inspirasi Nama Bayi Laki-laki & Perempuan Rekomendasi (Sansekerta, Islam, Kristen, Hindu Modern) Lengkap Artinya


Kumpulan Nama Anak Bahasa Sansekerta
Inspirasi nama bayi laki-laki dan perempuan Untuk Bahasa Sansekerta Agama hindu, islam dan kristen terlengkap,  mungkin Anda tengah mencari rekomedasi Nama Bayi modern . Kehidupan adalah anugrah terindah yang diberikan tuhan kepada makluk yang ada di dunia, hidup merupakan bagian dari proses dimana ada kematian dan kelahiran yang akan datang. Berbicara tentang kehidupan memang tidak luput dari dua opsi yang sebenarnya, seperti sedih- senang, lelaki- perempuan, kiri- kanan, dunia -akhirat dan sebaginya. Namun pada kesempatan ini kita akan berbicara tentang kelahiran yang tentunya adalah anugrah terindah di dunia.

Mempunyaibayi, cari tahu Rekomendasi nama bayi ?.Siapa sih yang tidak senang mempunyai bayi? dimulai dari menikah, mengandung dan akhirnya bertemu dengan si buah hati untuk menjalani hidup bersama-sama, ini adalah letak kebahagian menjadi orang tua


Memilih nama bayi adalah persiapan awal yang biasanya dilakukan orang tua untuk menyambut kehadiran si buah hati, pada kesempatan ini kerjasante.com akan memberikan ulasan lengkap tentang tips memlilih nama bayi agar tidak asal asalan, memang tidak dipungkiri dewasa ini orang tua kebanyakan mengabaikan nama si anak, asalkan sudah keren, disikat aja, ini sebenarnya sangat salah, ini adalah beberapa tips untuk orang tua untuk memilih nama anak, usahakan nama yang akan diberikan mempunyai arti atau makna, Ngga mau bangetkan jika kerabat atau keluarga bertanya arti nama anak, kamu harus plongo plongo tidak bisa menjawabnya.


Nama bayi sansekerta adalah jawaban untuk para orang tua ketika hendak memilih nama anak, dan berikut adalah 50 Nama anak dengan bahasa sansekerta beserta artinya.



Nama Anak  Laki Laki Sansekerta

1. Bayu

Bayu, atau Vayu, berarti angin. Bayu merupakan  sosok Dewa Angin dalam mitologi India dan Persia.
Nama Anak Laki Laki

2. Kusuma

Kusuma adalah bunga. Nama ini dapat diberikan pada anak laki-laki dan perempuan, serta dipasangkan kata lain seperti Kusuma Wati atau Kusuma Wardhana

Nama Anak Perempuan

3. Cakra

Cakra berarti roda. Nama ini bermakna filosofis mengenai gerak diri, pikiran, maupun semesta.

Nama Anak Laki Laki


4. Giri

Giri berarti gunung. Nama ini bisa disandingkan dengan kata lain, semisal Giri Tirta yang berarti air pegunungan.
Nama Anak Laki Laki

5. Indra

Indra adalahpenguasa atau raja. Indra adalah pemilik tetesan, mengacu sosok Indra, dewa hujan /penguasa surga (swargaloka). Nama Indra juga bisa dipadatkan menjadi bentuk lain, seperti Mahendra kata Maha Indra juga Ganendra dari kata Gana Indra. Bentuk perempuan dari nama Indra adalah Indri.
Nama Anak Laki Laki

6. ADI

Adi berarti yang pertama, utama, paling besar. Nama ini diberikan untuk anak pertama. Nama adi juga dapat disandingkan dengan kata lain, seperti Adi Karya berarti karya terbesar.

nama anak laki laki

7. Wira

Wira atau Vira pemberani, pendekar, atau pahlawan. Nama ini dapat dipakai dalam lingkungan militer, seperti Wira Yudha dan Wira Bhakti.
Nama Anak Laki Laki

8.Dipta

Dipta cerah, terang, atau putih. Dipta juga ialahnama lain dari Laksmi, Dewi Kemakmuran pada mitologi India. Nama Dipta dapat digunakan untuk anak perempuan atau laki-laki.
nama anak laki laki

 9. Aruna

Aruna fajar atau warna merah, fajar biasanya Yang berupa semburat merah di langit. Nama ini dapat digunakan untuk anak laki-laki atau perempuan.
nama anak cowok

10. Bima

Nama Bima berarti dahsyat, ganas, /mengerikan. Salah satu tokoh wayang bernama Bima karena kedahsyatan kekuatannya.
Nama anak cowok

 11.Narayana

Narayana berarti anak manusia. Nama menjadi julukan bagi Dewa Wisnu juga Krisna dalam mitologi India.

nama anak cowok

12. Sudarsana

Sudarsana artinya indah atau baik dipandang. Nama ini seperti optimisme dan masa depan yang baik. Sudarsana juga adalah nama salah satu senjata pamungkas Dewa Wisnu.

nama anak cowok

13. Nanda

Nanda berarti bahagia. Dalam kisah wayang, Nanda adalah nama ayah angkat Kresna / Krisna. Nama ini bisa digunakan untuk anak laki-laki ataupun perempuan.
nama anak cowok

14.Prabu

Prabu berarti tuan /pangeran. Di masa lalu, Prabu sering sebagai gelar untuk raja atau penguasa daerah. contohnya Prabu Siliwangi dari Kerajaan Pajajaran.

nama anak cowok

15. Bajra

Bajra /Vajra berarti berlian dan halilintar. Bajra juga adalah nama senjata atau alat upacara yang dapat dipakai dalam ritual-ritual Hindu, Buddha, dan lain lain.
Nama anak Cowok

16.Yuda

Yuda atau Yudha artinya perang atau pertempuran. Nama Yuda sangat sering digunakan di lingkungan militer, contohnya Jaya Yudha atau Cakra Yudha.
nama anak cowok

17. Mahesa

Mahesa berarti tuan besar /penguasa besar, berasal asal  kata Maha dan Isa. Nama ini ialah salah satu dari nama Dewa Siwa. pada cerita wayang, ada juga raja kerbau yang bernama Mahesa. 
nama bayi cowok

18. Budi

Budi atau Budhi berarti akal, pikiran, atau kecerdasan. Nama ini berhubungan dengan kata Buddha yang berarti pikiran yang tercerahkan.
nama bayi cowok

19. Dana

Dana atau Dhana berarti kaya, kekayaan, atau uang. Nama ini sering dipakai dalam dunia ekonomi dan perbankan.
nama anak cowok

20. Ganesha

Ganesa atau Ganesha (dibaca Ganesya) berarti penguasa banyak hal, banyak elemen, atau banyak pasukan, berasal dari kata Gana dan Isa. Ganesa dikenal sebagai dewa ilmu pengetahuan dan penghalaurintangan yang berkepala gajah.
nama anak pria

21. Aditya

Aditya berarti putra Aditi. Dalam Kitab Purana, Aditya adalah sebutan untuk para dewa yang dilahirkan oleh Aditi, dewi penguasa alam raya.
Nama anak cowok

22. Genta

Genta atau Ganta berarti lonceng. Nama ini bisa disandingkan dengan kata lain, semisal Genta Teruna.
nama anak cowok

  23. Atma

Atma berarti jiwa. Nama ini biasanya dirangkai dengan kata lain, seperti Atmawirya dan Atmadireja.
nama anak laki

24. Hima

Hima atau Ima berarti salju. Pegunungan tertinggi di dunia yaitu Himalaya memiliki arti kediaman salju.
nama anak laki-laki

25. Surya

Surya berarti matahari. Surya juga berarti dewa matahari dalam mitologi India. Kata ini juga biasa digunakan untuk menyebut matahari secara puitis dalam Bahasa Indonesia.
nama anak laki laki

26. Abimanyu

Abimanyu berarti yang tak takut. Dalam cerita wayang, Abimanyu adalah putra Arjuna dan Subadra.
nama anak pria

27. Basuki

Basuki atau Vasuki berarti sejahtera, bahagia, atau selamat sentosa. Dalam cerita perwayangan, Basuki adalah nama raja naga atau dewa naga yang disegani.
nama anak laki laki

 28. Sandi

Sandi atau Sandhi berarti penyatuan atau penggabungan. Sandi merupakan istilah dalam tata bahasa Sanskerta. Selain itu, Sandi juga dapat berarti teka-teki atau rahasia.
nama anak laki laki

 29. Prabawa

Prabawa atau Prabhawa berarti terkemuka. Nama ini biasanya digunakan untuk anak laki-laki.
nama bayi laki laki

30. Candra

Candra atau Chandra berarti bulan. Candra juga adalah sosok Dewa Bulan dalam mitologi India. Candra Sengkala adalah istilah untuk kalender yang didasarkan pada peredaran bulan.
nama bayi laki laki

31. Hutama

Hutama atau Utama berarti yang terbaik, tertinggi, atau paling unggul. Hutama adalah bentuk laki-laki, bentuk perempuannya adalah Hutami atau Utami.
nama bayi laki laki

32. Karuna

Karuna, Karunia, atau Kurnia berarti belas kasih. Dalam filosofi Timur, Karuna adalah salah satu bentuk kasih tertinggi, yaitu kasih yang berusaha menghapus penderitaan makhluk lain.
nama bayi laki laki

33. Arya

Arya berarti mulia atau ningrat. Nama ini bisa berdiri sendiri atau dipadankan dengan kata lain, seperti Arya Teja.
nama bayi cowok

34. Prayoga

Prayoga berarti percobaan.
nama bayi cowok

35. Rangga

Rangga berarti panggung, biasanya bermakna kiasan untuk menyebut dunia sebagai panggung kehidupan.
nama bayi cowok

36. Baruna

Baruna, Waruna, atau Varuna berarti yang melingkupi atau mengitari. Baruna adalah nama dewa samudera dalam mitologi India.
nama anak cowok

37. Dwipayana

Dwipayana berarti anak pulau, berasal dari kata Dwipa yang berarti pulau.
nama bayi laki laki

38. Purwa

Purwa atau Purba berarti yang terdahulu atau lebih tua.
nama bayi cowok

39. Ananta

Ananta berarti tak berujung, tak terbatas, kekal, atau abadi.
nama bayi cowok

40. Krisna

Krisna, Krishna, atau Kresna berarti gelap atau biru tua. Dalam kisah wayang, Krisna adalah titisan Dewa Wisnu yang berkulit gelap kebiruan.
nama bayi laki laki

41. Mandala

Mandala berarti lingkaran. Mandala juga berarti bentuk-bentuk geometri suci dalam tradisi spiritual India. Pondasi Candi Borobudur berbentuk mandala raksasa jika dilihat dari udara.
nama bayi cowok

42. Laksmana

Laksmana berarti pemilik tanda keberuntungan. Dalam kisah wayang, Laksmana adalah adik tiri Rama.
nama bayi cowok

43. Baskara

Baskara yang berarti berkilau atau bersinar.
nama bayi cowok

44. Nala

Nala berarti batang. Dalam kisah wayang, Nala adalah suami Damayanti.
nama bayi cowok

45. Maitra

Maitra atau Maitri berarti kasih sayang. Maitra adalah salah satu bentuk kasih tertinggi dalam filosofi India, yaitu kasih yang mengharap kebahagiaan makhluk lain.Padanan dalam Bahasa Pali yang juga sering digunakan adalah Metta.

nama bayi cowok

 46. Prana

Prana berarti nyawa. Prana adalah kekuatan yang membuat jantung berdetak dan paru-paru bernafas.
nama anak laki laki

47. Arta


Arta atau Artha berarti kekayaan atau harta.

nama bayi cowok

 48.Pranawa

Pranawa berarti doa. Pranawa melambangkan bunyi 'om', suara suci dalam tradisi spiritual India.
nama anak laki laki

49. Rama

Rama berarti menyenangkan. Rama adalah tokoh utama dalam kisah Ramayana.
Nama Bayi Cowok

Nama Anak Perempuan Sansekerta

1. Kirana

Kirana berarti sinar. Nama Kirana bisaberdiri sendiri, dan dipasangkan dengan kata lain. Seperti Surya Kirana yang mempunyai arti sinar matahari, dan Candra Kirana berarti sinar bulan.
Nama Anak Perempuan

2. Nirmala

Nirmala berarti bersih atau murni. Nama ini biasanya diberikan untuk anak perempuan

Nama Anak Perempuan

3. Gita

Gita berarti lagu, kidung, atau nyanyian. Gita juga biasa digunakan untuk menyebut Bhagawad Gita (Nyanyian Tuhan), kitab yang berisi ajaran kebijaksanaan.

Nama anak Perempuan

4. Kusuma

Kusuma adalah bunga. Nama ini dapat diberikan pada anak laki-laki dan perempuan, serta dipasangkan kata lain seperti Kusuma Wati atau Kusuma Wardhana

Nama Anak Perempuan

5. Paramita

Paramita berarti kesempurnaan. Nama ini mengacu pada puncak keluhuran dari nilai-nilai yang diagungkan manusia. Seperti Pradnya Paramita yang berarti kesempurnaan hikmah. 
nama Anak Perempuan

6. Ratna

Ratna berarti permata. Dapat disandingkan dengan kata lain seperti Ratna Sari yang berarti inti permata, dan Ratna Segara yang berarti lautan permata.
Nama anak perempuan

 7. Santi

Santi atau Shanti (dibaca Syanti) artinya damai. Varian nama ini ialah Santika atau Shantika (kadang ditulis Cantika), yang bermakna doa untuk kedamaian.
 Nama Anak Perempuan

8. AGNI

Agni berarti api. Agni juga sosok Dewa Api pada mitologi India. Nama Agni bisadiberikan pada anak laki-laki ataupun perempuan.

nama anak perempuan dalam sansekerta

9. Sri

Sri berarti pancaran sinar. Sri juga bisa digunakan sebagai gelar penghormatan untuk para raja ratu dan dewa dewi.
Nama Anak Perempuan

10. Kalyana

Kalyani berarti menakjubkan atau indah. Kalyani adalah bentuk perempuan, bentuk laki-lakinya adalah Kalyana.
Nama Anak Perempuan

11. Winda

Winda atau Vinda berarti menemukan.
Nama Anak Perempuan

12. Damayanti

Damayanti berarti menaklukkan atau menundukkan. Dalam Kisah Mahabarata, Damayanti adalah seorang putri yang menaklukkan hati para dewa.
Nama Anak Perempuan

13. Nilam

Nilam berarti batu safir.
Nama Anak Perempuan

 14. Ratri

Ratri berarti malam.
Nama Anak Perempuan

15. Mega

Mega berarti awan. 
Nama Anak Perempuan

16. Lalita

Lalita berarti menawan atau menarik hati.
Nama Anak Perempuan

17. komala

Komala berarti rumit, seperti pada ukiran atau gerakan yang mencirikan tingkat kehalusan serta ketinggian seninya.
Nama Anak Perempuan

18. gayatri

Gayatri berarti sumber kekuatan, berasal dari kata Gaya yang berarti kekuatan/ energi.
Nama Anak Perempuan

19. Anindya

Anindya berarti tak bercela atau sempurna.
Nama Anak Perempuan

20. Tara

Tara berarti bintang. Dalam cerita pewayangan, Tara adalah putri Dewa Indra. Tara juga adalah nama Buddha perempuan dalam aliran Vajrayana yang melambangkan pembebasan.
Nama Anak Perempuan

21. Satya

Satya atau Setya berarti kebenaran. Kata ini mengacu pada bentuk kebenaran tertinggi atau sejati. Satya juga dapat diartikan kesetiaan.
Nama Anak Perempuan

22. Rani

Rani berarti ratu. Nama ini juga bisa dirangkai dengan kata lain seperti Maharani yang berarti ratu besar.
Nama Anak Perempuan

23. Sawitri

Sawitri atau Savitri berarti penghidup, pendorong, atau pembangkit. Sawitri adalah nama dewa matahari, atau nama putri dewa matahari. Nama ini bisa digunakan untuk anak laki-laki maupun perempuan.
Nama Anak Perempuan

24. Maya

Maya berarti bayang atau ilusi. Maya adalah kekuatan untuk berubah wujud menjadi makhluk lain. Maya juga adalah nama ibu dari Siddarta Gautama.
Nama Anak Perempuan

25. Kinari

Kinari berarti manusia burung. Dalam cerita wayang, kinari adalah sejenis peri hutan, makhluk ajaib setengah manusia dan setengah burung yang menghuni hutan-hutan di Gunung Himawan. Kinari dikenal cantik, bersuara merdu, dan senang memainkan musik indah. Kinari adalah bentuk perempuan, bentuk laki-lakinya adalah Kinara.
Nama Anak Perempuan

26. Kartika

Kartika berarti keberhasilan, kebahagiaan, atau terang. Kartika juga adalah nama bulan dalam Kalender Saka, biasanya jatuh sekitar Oktober - November. Selain itu, Kartika juga adalah nama gugus bintang yang disukai masyarakat Jawa (Lintang Kartika/ Pleiades)
Nama Anak Perempuan

27.Iswari

Iswari berarti pemimpin, ratu, atau penguasa. Iswari adalah bentuk perempuan, bentuk laki-lakinya adalah Iswara. Nama ini juga bisa dipadatkan menjadi bentuk lain seperti Maheswari dan Nareswari atau Maheswara dan Nareswara.
Nama Anak Perempuan

28. Pertiwi

Pertiwi atau Pratiwi berarti bumi. Istilah Ibu Pertiwi berarti Ibu Bumi, atau Dewi Bumi yang menumbuhkan segala jenis tanaman.
Nama Anak Perempuan

29. Apsari

Apsari atau Hapsari berarti bidadari. Dalam cerita-cerita zaman dahulu kala, Apsari biasanya digambarkan sebagai para makhluk cantik yang berterbangan di kahyangan dengan selendang.
Nama Anak Perempuan

30. Kemala

Kemala atau Kamala (kadang juga ditulis Keumala, khususnya di Aceh) berarti teratai berwarna kemerahan. Dalam tradisi spiritual Timur, kemala adalah lambang kesempurnaan sehingga menjadi singgasana para dewa dewi dan buddha. 
Nama Anak Perempuan

31. Saraswati

Saraswati atau Sarasvati berarti aliran atau yang mengalir. Nama ini awalnya merupakan nama sebuah sungai di India, kemudian dikenal juga sebagai nama dewi ilmu pengetahuan dan seni
Nama Anak Perempuan

 32. Sundari

Sundari berarti cantik atau manis. Nama ini biasa dipakai anak perempuan
Nama Anak Perempuan

33. wimela

Wimala berarti suci atau tak bernoda. Nama ini lebih sering dipakai untuk anak perempuan.
Nama Anak Perempuan

34. Widya

Widya atau Vidya berarti kebijaksanaan. Nama ini biasa dipakai dalam lingkungan pendidikan, seperti Widya Tama dan Widya Mandala.
Nama Anak Perempuan


Nama Bayi Laki Laki Islam

Nama adalah  suatu identitas diri yang begitu melekat sepanjang hidup. Nama memang  menjadi doa atau harapan. Itu tentunya membuat  para orangtua akan banyak memilih nama bayi yang baru lahir secara  cermat. Berikut adalah nama bayi laki-laki islam lengkap dengan maknanya
nama bayi laki laki islam terlengkap



1. Jafar

Secara etimologi untuk bahasa Arab, nama Jafar mempunyai  arti anak sungai. Yang Kemudian nama Jafar diambil atas  nama tokoh astronom juga para  ahli matematika muslim yang berasal dari Persia yakni Abu Jafar Muhammad.

Sehingga untuk pemberian nama ini akan menjadi doa agar buah hati kalian bisa  tumbuh menjadi seseorang yang ber ilmu pengetahuan juga beragam nilai positif lainnya.

2. Haidar

Untuk  bahasa Mesir Kuno, nama Haidar mempunyai  makna singa prajurit yang begitu  kuat dan gagah berani. Tentu kata ini cocok sangat cocok menamai bayi laki-laki.

3. Abizar

Abizar yang berasal dari bahasa Arab yang mempunyai makna atau  arti menyebarkan. Hal tersebut  tentu sama akan  kisah Abizar Al Ghifari yang akan menjadi penyebar sekaligus sebuah pejuang agama Islam yang berani dan juga setia.

4. Khalid

Kata Khalid dapat  Anda jadikan inspirasi memberi nama buah hati yang berjenis kelamin laki-laki. Sebab untuk  bahasa Arab, Khalid mempunyai  arti keabadian, yang kuat, dan juga berani dalam menegakkan keadilan.

5. Harun

Nabi Harun AS merupakan saudara kandung dari Nabi Musa AS yang mempunyai  kemampuan untuk memimpin juga  berbicara secara  baik serta setia. Dengan nama ini, sangat diharapkan buah hati Anda kelak mempunyai sifat demikian.

6. Badar

Badar dapat  Anda jadikan inspirasi memberi nama buah hati yang sudah berjenis kelamin laki-laki. Sebab untuk  bahasa Arab, Badar mempunyai makna  bulan purnama. Diharapkan sang anak  bisa menjadi penerang di kala gelap layaknya bulan.

7. Bariq

Bariq bisa teman teman  jadikan inspirasi memberi nama buah hati  yang berjenis kelamin laki-laki. Untuk  bahasa Arab, Bariq pancaran cahaya.

8. Gibran

Gibran pada  bahasa Arab berarti yang  mempunyai arti terpandai. Sehingga sangat diharapkan buah hati menjadi anak yang pandai.

9. Ghalib

Ghalib unggul atau menang. Bisa kalian  jadikan inspirasi untu memberi nama sang buah hati berjenis kelamin laki-laki.

10 Rafa

Rafa bahasa Arab bahagia, kaya raya. Yang sangat Diharapkan buah hati teman teman sekalin akan  menjadi kaya juga  bahagia. Memang Bukan sekadar kaya harta, namun  juga kaya hati.

Nama Bayi Perempuan Cantik Islam

Jelang kelahiran buah hati, memang ada satu aktifitas  menarik untuk  calon ayah dan ibu, adalah memilih nama bayi perempuan islam. Hal ini akan terasa sangat mudah bila jenis kelamin dari bayi ini sudah diketahui.
Nama Bayi Perempuan Islam

Dirangkum berbagai sumber, berikut adalah 10 inspirasi nama bayi perempuan yang lengkap dengan artinya:

1. Afida

Inspirasi pada  Islami yang dapat dipakai Afida. Afida pada  Al Quran surat An Nahl ayat 78 mempunyai makna hati nurani dan juga mata hati. Sehingga sangat diharapkan buah hati akan mempunyai hati nurani yang baik.

2. Rania

Yang Berasal dari bahasa Arab, untuk nama Rania mempunyai  arti putri yang manis cantik dan sangat mempesona. Sementara pada Al Quran di surat Al Tatfif ayat 14, untuk nama Rania mempunyai makna kemenangan dan kesuksesan.

3. Qonita

Kata muncul pada Al Quran surat Al Ahzab ayat 35 ini mempunyai makna taat bahkan orang yang shalih. sangat diharapkan penggunaan satu  ini nantinya  membuat buah hati kalian bisa tumbuh menjadi wanita shalihah.

4. Salma

Salma mempunyai dua arti yakni `aman` pada bahasa Arab & `kesayangan` pada bahasa  Persia. Nama ini terdengar modern serta unik.

5. Hilya

Pada bahasa Arab, Hilya mempunyai arti perhiasan, sangat cocok dipakai nama anak perempuan

6. Aiza

Kata Aiza yang berada dalam surat Al Maidah ayat 54 yang mempunyai makna perkasa, dihormati, juga sangat mulia. Sehingga sangat diharapkan dari  buah hati nantinya tumbuh menjadi sosok perempuan perkasa juga berhati mulia.

7. Shakila

Shakila dapat Anda jadikan inspirasi nama bayi islami ketika memberi nama buah hati yang berjenis kelamin perempuan. Karena  dalam bahasa Arab berarti cukup.

8. Najla

bahasa Arab, Najla yang bermata hitam indah, sangat diharapkan untuk  buah hati bisa menjadi  seseorang cantik indah.

9. Khansa

Pada bahasa Arab, Khansa berhidung mancung, wanita yang baik. Nama ini  bisa dijadikan insspirasi ketika  memberi nama buah hati yang berjenis kelamin perempuan.

10. Ghania

Nama Ghania dapat Anda jadikan inspirasi nama buah hati islam . bahasa Arab berarti indah/cantik.


 Nama Bayi Perempuan Kristen

Menunggu hari kelahiran bayi memang sangat berjuta rasanya. Ketimbang para orang tua berpikir atau membayangkan yang ngga-nggak, lebih baik segera mengisi waktu dengan cara memilih nama bayi perempuan Kristen bagi buah hati Anda. Inilah daftarnya.

nama bayi perempuan kristen

Nama bayi perempuan Kristen dari huruf A

Adriella : pengikut Tuhan

Aalona : sekuat pohon ek

Aleeza : kegembiraan

Amoreiza : dicintai Tuhan

Aneta : mulia

Anneke : berwajah manis dan cantik

Nama bayi perempuan Kristen dari huruf B dan C

Bella : keindahan

Beth : Tuhan adalah perkataanku

Brianna : setajam pedang

Brielle : Allah adalah kekuatanku

Caroline/Carolina : wanita cantik

Carlissa : gadis kecil yang suci

Cathalina/ Catharina : sempurna

Cicilia : setia pada Tuhan

daya tarik saat bayi

Nama bayi perempuan Kristen dari huruf D dan E

Danielle/Daniella : Tuhan adalah hakimku

Darissa : bijaksana

Diana : bersifat ketuhanan

Davina : yang dicintai

Elizabeth : Tuhan adalah sumpahku

Elora : Allah adalah cahaya

Elzahra : mengabdi kepada Allah

Esther : kebijaksanaan

Nama bayi perempuan Kristen dari huruf F dan G

Fransiska : wanita dermawan

Finna : Tuhan akan mengabulkan doanya

Felicia : wanita yang beruntung dan sukses

Gabriella : Allah adalah kekuatanku

Gilia : bahagia sepanjang masa

Genessa : sang pionir

Nama bayi perempuan Kristen dari huruf H dan I
Hannah : pemaaf

Hanessa : anggun

Hannela : baik budinya

Helsa : berbakti pada Tuhan

Isabella : tertuju pada Tuhan

Iris : pelangi

Ivanna : Tuhan yang Maha Mulia

Nama bayi perempuan Kristen dari huruf  J

Jessica : Allah melihat

Juanita : kemuliaan Tuhan

Jovanka : Allah Maha Mulia

Josephine : Tuhan akan mengabulkan

Jovelyn : setajam tombak

Judith : dia yang akan diberkati

Juanlita : putri cantik rupawan lambang keagungan Tuhan

Nama bayi perempuan Kristen dari huruf K dan L

Karmelita : kebun anggur Allah

Katriel : Tuhan mahkotaku

Kezra : sang penolong

Kyla : kegemilangan

Laila : senja

Lemuella : mengabdi pada Allah

Lizbeth : hatiku untuk Tuhan

Lydia : keagungan masa lalu

Nama bayi perempuan Kristen dari huruf M dan N

Magdalena : pengikut Allah

Maribella : gadis yang cantik

Maria : Bunda Yesus

Manuella : Allah beserta kita

Marlene : berada di tempat tertinggi

Martha : gadis

Michaela : pemuja Tuhan

Miriam : imam semua orang

Nava : yang tercinta

Nanelia : yang mulia

Naomi : sesuatu yang indah

Nathania/ Nathalia : hadiah dari Allah

Nazaretha : tempat Yesus dilahirkan

Nama bayi Kristen untuk perempuan dari huruf O dan P

Ornetta : pohon cemara

Orzora : kekuatan Allah

Orlee : cahaya

Phoebe : cahaya terang

Priscillia : kejayaan masa lalu

Penina : mutiara

 Nama bayi untuk anak perempuan Kristen dari huruf R dan S

Rachel : nama istri kesayangan Nabi Yakub

Rafeilla : penyembuh

Rebecca : wanita yang memikat

Rosanna : wanita yang anggun

Ruth : teman setia

Samantha : dilindungi Tuhan

Samara : yang dilindungi Allah

Samuela : Tuhan Maha Mendengar

Sara : tuan putri

Skolastika : pandai berbicara

Selomitha : kedamaian

Serafina : nyala api

Sheena : Allah yang Maha Mulia

Suzanna : bunga lili

Nama bayi untuk anak perempuan Kristen dari huruf T dan V

Thalia : embun surga

Tamara : pohon palem

Vania : hadiah Allah

Vanya : wanita yang baik budinya

Varda : bunga mawar

Vidette : yang selalu dicintai

Vionetta : pemimpin yang tenang

Nama bayi untuk anak perempuan Kristen dari huruf Y dan Z

Yalifa : anak pertama

Yosefa : Tuhan akan mengabulkan

Yohanna : wanita yang baik budinya

Yonita : burung merpati

Yovela : selalu riang

Zamira : wanita terpuji

Zarahlinda : matahari terbit

Zivana : cahaya

Zilvania : wanita yang bermartabat

Zarra : hari kebangkitan

Manakah nama bayi perempuan Kristen pilihan Anda?

Nama Bayi Laki Laki Kristen


Nama bayi laki-laki Kristen yang bagus dan penuh berikut ini susun bagi teman teman, para orangtua Kristiani, yang memang tengah  bingung mencari nama terbaik untuk  putra mereka. Selamat memilih.

Nama bayi laki-laki Kristen huruf A – C


Alexander : pejuang umat

Ambrosius : keabadian

Andrew : pria yang kuat

Adam : milik Bumi

Abdiel : pelayan Tuhan

Abraham : ayah sebuah bangsa

Adeen : api kecil yang bersinar terang

Alfred : penasihat yang bijaksana

Aaron : pria yang agung

Basil : raja

Benedict/ Benediktus : diberkati

Bernardus : kuat

Bonaventura : tak mudah menyerah

Bryan : setajam pedang

Caesar : pria berambut panjang

Charles : pria yang kuat

Christian : milik Kristus

Christopher : Kristus

Clement : pemaaf

Carolus : pejuang, ksatria

Constantine : tegas dan konsisten

Nama bayi laki-laki Kristen huruf D – F


Dean : sang pemimpin

Demitrius : pecinta Bumi

Daniel : yang dipilih Tuhan

Damian : penjinak

Dominic : aku milik Tuhan

Dionisius : pria sehat dan kreatif

David : dicintai

Edward/ Eduardus : wali dari warisan

Emilius : pria yang enerjik dan dermawan

Edzhar : yang bercahaya

Elijah : diterima di surga

Eleazar : ditolong oleh Tuhan

Ethan : perkasa

Ezra : sang penyelamat

Felix : Tuhan penolongku

Frumentius : nama uskup Ethiopia yang hidup di abad ke-4

Nama bayi laki-laki Kristen huruf G – I


Gabriel : ksatria Allah

Gideon : pekerja keras

Gabrian : Tuhan adalah kekuatanku

Gevariel : kekuatan Tuhan

Giovanni : kemegahan Tuhan

Gil : suka cita yang abadi

Hoshea : sang penyelamat

Hans : keagungan Allah

Hanniel : Tuhan yang Maha Pengasih

Hezekiah : kekuatan Allah

Harold : sang raja

Ivander : Lelaki terbaik

Isaac/ Ishak : kebahagiaan

Immanuel : Allah beserta kita

Ian : Kemegahan Tuhan

Ismael : Tuhan mendengar

Izreal : berjuang bersama Allah

Ignasius : semangat yang berkobar

Nama bayi laki-laki Kristen huruf J – L


Jonathan : anugerah Allah

Jonah : burung merpati

Jordan : rendah hati

John : karunia Tuhan

Johan : berkah Allah

Keizaro : pohon Cassia

Kenneth : pria tampan

Krisantus : pengikut Kristus

Kendrick : sang juara

Lazarus : Allah akan menolong

Liam : pelindung

Leonathan : singa anugerah Tuhan

Leonardus : pemberani

Levin : hati

Lukas : pembawa cahaya

 Nama bayi laki-laki Kristen huruf M – O


Malachy : pembawa pesan dari Tuhan

Manuel : Allah beserta kita

Matthew/ Matius : berkah Allah

Michael/ Mikael : penegak keadilan

Mosha : sang penyelamat

Mark/ Markus : pemberi tanda

Nathan : murah hati

Noah : yang mendapat kenyamanan

Noel : pria yang dilahirkan di Hari Natal

Othniel : kekuatan Tuhan

Ovid : giat bekerja

Ozzie : pria yang kuat

Nama bayi laki-laki Kristen huruf P – S


Paul/ Paulus : pembawa kabar gembira

Peter : batu karang, nama Paus pertama

Phillip : pecinta kuda

Rafael : Tuhan telah menyembuhkan

Ruben : anak laki-laki

Rava : pelayan gereja

Samuel : pria yang dipilih Tuhan

Stefanus : mahkota bunga

Simon : Tuhan maha mendengar

Shiloh : Hadiah dari Tuhan

Nama bayi laki-laki Kristen huruf T – Z


Theodorus : disayang Tuhan

Titus : yang mendapat kehormatan

Thomas : anak kembar

Uriel : Tuhan adalah penerangku

Victor : pria penakluk

Yeremia : keagungan Tuhan

Yosef : Tuhan akan mengabulkan

Zachary/ Zakaria : yang akan diingat Tuhan

Sudahkah teman teman  menemukan nama bayi laki-laki Kristen yang terbaik bagi bayi Anda?

100 Nama Bayi Laki Laki Hindu


Bahasa Sansekerta merupakan bahasa kuno yang berevolusi terbentuknya bahasa daerah di Nusantara, yang termasuk bahasa Jawa juga bahasa Indonesia.



Sebuah nama pada bahasa Sansekerta yang mungkin membuat teman teman teringat tentunya masa kejayaan akan terbentuknya  kerajaan-kerajaan kuno pada masa lalu, serta filosofi hidup dari nenek moyang yang akan diwariskan pada kita.


Nama bayi laki-laki Sansekerta tentunya hanya sangat terlihat begitu agung, namun kaya makna. Berikut merupakan 100 nama bayi laki-laki Sansekerta untuk sebuah hadiah pertama teman teman bagi si buah hati yang tentunya segera lahir ke dunia.

Nama bayi laki-laki Sansekerta pilihan kami:

1. Arya : terhormat
2. Asoka : tanpa duka
3. Abimanyu : gagah berani, nama putra Arjuna
4. Aditya : pandai dan bijaksana
5. Arjuna : berkulit putih, satria ketiga Pandawa
6. Basudewa : nama lain Krisna
7. Birawa : nama lain Siwa
8. Birendra : pemimpin para ksatria
9. Bimasena : panglima yang gagah berani, nama lain Bima
10. Barata : pria terbaik
11. Candra : bulan
12. Candrakumara : putra rembulan
13. Citaprasada : mendapat kebahagiaan
14. Daya : penuh kasih sayang
15. Dewananda : karunia Sang Pencipta
16. Dananjaya : penuh berkah, nama lain Arjuna
17. Dirandra : pemberani
18. Ekata : anak sulung
19. Ekadanta : cerdas
20. Ekawira : berjiwa berani

21. Hara : penebus dosa
22. Harsa : kebahagiaan
23. Haridra : cemerlang
24. Indra : yang terkuat
25. Irawan : raja lautan, nama putra Arjuna
26. Janardana : suka menolong
27. Jayanegara : nama raja kedua Kerajaan Majapahit
28. Janu : kekuatan hidup
29. Kalya : kegembiraan
30. Kamal : yang sempurna
31. Karunanidi : lelaki yang baik hati
32. Karunasankara : bersifat pemaaf
33. Kripala : lembut perasaannya
34. Krisna : berkulit gelap, nama raja titisan Wisnu
35. Lavanya : rahmat Sang Pencipta
36. Laksmana : kesejahteraan, nama adik Rama
37. Mahesa : pemimpin hebat
38. Meidiawan : menempuh jalan yang benar
39. Mahabala : kekuatan
40. Mahanta : pria perkasa

41. Mahawira : yang paling pemberani di antara para pria
42. Maitreya : ramah dan bersahabat
43. Manendra : lelaki paling cerdas
44. Narayana : jalan kebenaran, nama lain Krisna
45. Nakula : semanis mangga, satria keempat Pandawa
46. Narendra : pemimpin manusia
47. Narasimha : sekuat singa
48. Nalesha : pria berbau harum
49. Nandana : pembawa keceriaan
50. Nawasena : masa depan yang cerah
51. Nirankara : keagungan Tuhan
52. Omkara : suara terindah
53. Paramananda : karunia utama
54. Paramarta : yang memihak Kebenaran Tertinggi
55. Parikesit : tabah menghadapi cobaan, nama putra Abimanyu
56. Partha : nama lain Arjuna
57. Palguna : lahir di musim dingin
58. Rama : yang membahagiakan hati
59. Raka : bulan purnama
60. Rajendra : raja semua raja

61. Ranajaya : kegemilangan
62. Rawindra : cahaya matahari
63. Rudrapriya : lelaki yang dicintai Tuhan
64. Sagara : bagaikan lautan
65. Sadananda : selalu berbahagia
66. Sadawira : tak kenal takut
67. Sadhana : selalu menepati janji
68. Sadewa : diberkahi Sang Pencipta, nama satria kelima Pandawa
69. Samahita : setia pada tujuan hidup
70. Sanatana : keabadian
71. Sanjaya : diberkahi kejayaan
72. Sanskara : beretika dan bermoral
73. Santosa : kegembiraan
74. Sarwapalaka : sang pelindung
75. Tanaka : rahmat Pencipta
76. Tarachandra : lahir di bawah sinar bulan dan bintang (malam hari)
77. Tarendra : pangeran bintang-bintang
78. Taruna : berjiwa muda
79. Tarusbawa : nama raja pendiri Kerajaan Sunda
80. Tanwira : mendapat pencerahan

81. Udayana : kebangkitan, nama raja dari Bali
82. Utpala : penuh semangat
83. Utkarsa : terbitnya kesadaran
84. Utama : pria terbaik
85. Wasa : lelaki yang tabah hatinya
86. Wajramani : bersinar seperti intan
87. Wajrapani : sekokoh batu karang
88. Wardana : yang terpuji
89. Wasupati : bergelimang harta
90. Wedanta : Kebijaksanaan Tertinggi
91. Wira : Berjiwa satria
92. Wirabadra : pejuang Tuhan
93. Widipa : bercahaya
94. Widyadharma : senang belajar
95. Wijaya : kemenangan
96. Wikrama : keberanian
97. Yasa : termahsyur
98. Yasodana : kaya dan terkenal
99. Yaswanta : lelaki yang memperoleh kemuliaan
100. Yudistira : tangguh menghadapi ujian hidup, nama satria pertama Pandawa.

Nama Bayi Perempuan Hindu

Bahasa Sansekerta tentunya memegang peranan penting sejarah bangsa Indonesia. ini termasuk bahasa pertama yang memang digunakan bahasa lokal daerah di Nusantara. memang Tak heran, untuk beberapa nama bayi perempuan untuk bahasa Sansekerta berikut ini memang terasa familiar bagi teman teman , karena memangsudah banyak digunakan di sini.

Nama bayi perempuan Sansekerta dimulai dari huruf A

Anandini : mendapat kebahagiaan

Asrita : pelindung

Abaya : wanita pemberani

Aksita : gadis ajaib

Amrita : keabadian

Asha : harapan

Adhista : matahari

Nama bayi perempuan Sansekerta dari huruf B dan C

Basanti : musim semi

Badra : terberkati

Chanda : sang dewi

Chandini : cahaya bulan

Charvi : wanita cantik

Chinta : cerdas

Nama bayi perempuan Sansekerta dari huruf D dan E

Damayanti : berparas rupawan

Dana : kesejahteraan

Daritri : berkah bagi Bumi

Dhita : anak perempuan tercinta

Dharma : jalan kehidupan

Esana : yang diinginkan

Elaksi : perempuan bersorot mata tajam

Esita : bersemangat

Nama bayi perempuan Sansekerta dari huruf G dan H

Gayatri : cerdas dan sejahtera

Gita : suci

Gandhali : harum baunya

Harita : lambang kesuburan

Harshita : kegembiraan

Himeka : sorot mata yang bercahaya

Hasika : senyum yang manis

Hashanti : membawa kebahagiaan

Hemaprabha : wanita yang berkilauan

Nama bayi perempuan Sansekerta dari huruf I dan J

Indhira : rasa keadilan

Indrawati : bagaikan malaikat

Iswara : wanita pemimpin

Janitra : bermartabat tinggi

Jayanti : memihak keadilan

Judistia : sinar matahari

Jayna : rahmat Pencipta yang baik budinya

Nama bayi perempuan Sansekerta dari huruf K

Krisnanda : seperti Krisna

Kumari : wanita yang anggun

Kalya : terpuji

Kanya : anak perempuan

Kanti : bercahaya

Krita : kesempurnaan

Kamala : bunga teratai

Kusuma : bunga

Kalinda : ibarat lautan

Nama bayi perempuan Sansekerta dari huruf L

Lyla : perempuan cantik berambut hitam

Laksmi : kemakmuran

Laksha : mawar putih

Lalika : wanita terhormat

Lavana : keindahan

Lakshita : hidup dengan tujuan

Lakshya : bercita-cita tinggi

Nama bayi perempuan Sansekerta dari huruf M

Minara : pencuri hati

Maya : gemar bekerja

Mina : cinta dan perlindungan

Myria : beruntung dan menakjubkan

Mahira : berbakat dan mendapat berkah

Mudita : mendapatkan kesenangan

Malika : bunga melati

Nama bayi perempuan Sansekerta dari huruf  N

Naditya : lahir di siang hari

Navya : wanita cerdas dan dihormati

Naima : mempesona

Nayna : gadis cantik

Namita : rendah hati

Nitara : cahaya bintang

Nishita : bercahaya di kejauhan

Nandhana : anak perempuan pembawa kebahagiaan

Niharika : tetes embun pagi

Nithyahasini : selalu gembira

Nama bayi perempuan Sansekerta dari huruf O dan P

Omana : wanita yang lemah lembut

Omkara : awal yang penuh harapan

Oditi : fajar menyingsing

Padma : bunga teratai

Panya : dikagumi

Padmini : wanita utama

Paramesti : wanita yang baik hati

Pramadana : berkedudukan tinggi dan dermawan

Pradnya : berpengetahuan

Puspa : bunga yang cantik

Nama bayi sansekerta anak perempuan dari huruf W dan Y

Ratri : lahir di malam hari

Rajita : cerdas dan dikagumi

Sinta : wanita cantik istri Rama

Samika : penuh kedamaian

Sri : kebahagiaan

Satya : kebenaran

Shima : nama ratu Kerajaan Kalingga

Nama bayi sansekerta anak perempuan dari huruf W dan Y

Tara : kilauan bintang

Trisha : wanita terhormat

Tavisha : keindahan seperti surga

Tribuana : nama ratu Kerajaan Majapahit

Uttamika : giat bekerja

Upasana : bunga Sang Pencipta

Nama bayi sansekerta anak perempuan dari huruf W dan Y

Widita : laksana dewi

Widya : cerdas dan berpengetahuan

Wirya : penuh semangat

Wiweka : adil dan bersemangat tinggi

Waradhana : wanita yang penuh cinta

Yomita : berkelakuan baik

Yashna : wanita termahsyur

Sudahkah Anda untuk memutuskan nama bayi perempuan dari bahasa Sansekerta pilihan Anda.

Demikianlah Kumpulan Nama Anak Bahasa Sansekerta lengkap dengan Gambar dan Artinya, mudah-mudahan dengan adanya artikel ini bisa mempermudah para orang tua untuk membuat nama anak agar mempunyai arti yang jelas.


Artikel keren lainnya:

Belum ada tanggapan untuk "Inspirasi Nama Bayi Laki-laki & Perempuan Rekomendasi (Sansekerta, Islam, Kristen, Hindu Modern) Lengkap Artinya"

Post a Comment